Kontradiksi

hiding

taken from arquerio.tumblr.com

***

Entahlah mana yang tidak pas; apakah itu mencintai sambil bersembunyi—atau bersembunyi sambil mencintai. Keduanya mencarut-marutkan diri sendiri, memberikan tak lebih dari sekerjap imaji. Lembar-lembar buku harian tak pernah bilang mana yang benar. Karena isinya cuma satu nama yang diulang-ulang. Kamu. Kamu. Kamu. Kamu. Ka…mu. Seperti gema. Sebuah ketidakberakhiran.

Ini tak pernah sesederhana mencelup roti ke dalam kopi. Atau menyesap teh sewarna tanah. Atau menenggak soda hingga sendawa. Ini merepotkan. Melakukan dua hal yang tidak seirama tapi tetap dipaksakan tak pernah menjadi menyenangkan. Rasanya seperti menunggu bus di pemberhentian yang salah, tapi toh tak ada yang mau peduli.

Seharusnya, perasaan itu abstrak. Tidak perlu pusing-pusing dipikirkan, apalagi diterjemahkan. Seharusnya dia seperti udara. Bukan seperti arang yang berabu. Bukan seperti es yang mencair. Dan bukan seperti api yang berasap. Perasaan tak punya nyawa. Dia hanya punya dirinya sendiri yang tak kasatmata.

Mencintai dan sembunyi cuma beda satu huruf tapi punya begitu banyak jeda. Keduanya seperti partai yang diam-diam beroposisi, saling menikam dari belakang. Lelah, ketika harus menyeret keduanya bersama-sama, memaksakan yang satu memahami yang lain sementara dirinya sendiri sudah kepengin diledakkan. Sudah kubilang, ini tak pernah sederhana seperti apa yang seharusnya.

Coba, sekarang kamu yang beritahu aku. Kalau mencintai dan bersembunyi telah benar berkontradiksi, apakah aku harus sembunyi atau berhenti saja mencintai?

 

DING!

Iklan
Kontradiksi

2 pemikiran pada “Kontradiksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s