Curhat Gue

Kali ini gue ga mau nulis puisi, surat cinta, fanfic, flashfic, cerpen, atau apa pun lah yg biasa lo pada baca di sini. Kali ini gue mau curhat, nih (buset galau bet dah bahasanya). Iye, lo ga salah baca kok. Gue mau curhat soal perasaan gue terhadap para siders di blog gue. Gue tau, gue ini emang penulis amatiran. Amatirrrr bet dah pokoknya. Jauh kalo dibandingin sama penulis2 ngetop Indonesia yg udah pada bisa nerbitin buku sendiri kayak penulis-penulis favorit gue Ika Natassa, Tere Liye, Dewi Lestari, atau Ilana Tan. Beuh, jangan berani-berani deh bandingin gue sama mereka (emang siapa juga gitu yg mau ngebandingin?) Tapi nih ya, kalo menurut gue pribadi, justru itulah yg bikin gue jadi ngerasa berhak kesel sama para siders alias silent readers yg kemungkinan besaaaaar suka baca tulisan gue di blog ini tapi sama sekali ga ninggalin apa-apa gitu selain bikin nambah site stat gue.

Jujur, gue seneng bgt kalo tiap kali buka blog terus liat site stat gue tinggi, dan makin seneng lagi ketika liat ada beberapa tulisan yg dalam satu hari bisa dibaca (atau mungkin cuma sekedar ‘diliat’) berkali-kali sama orang. Tapi gue jadi nyesek ketika tau bahwa nyaris ga ada seorang pun yg mau ninggalin komen di tulisan gw itu, bahkan meskipun cuma satu kata doang. Gue ga peduli ya komen di sini itu komen kritikan atau pujian (meski gue tentu aja lebih suka sama pilihan kedua :pp) tapi gue absolutely bakal lebih seneng kalo ada banyak komen di tulisan gue, karena entah lo percaya atau enggak, sebuah komen itu bisa ngebuat gue makin semangat dan rajin nulis karena gue tau bahwa ternyata ada orang-orang di luar sana yg mengapresiasi tulisan gue.

Sebenernya masalah per-silent readers-an ini lebih gue tekankan sama orang-orang yang ngebaca tulisan gue yg ada hubungannya sama dunia per-korea-an alias K-pop sih. Yah, kalo elo adalah orang yg sama-sama suka K-pop kaya gue dan ngerti apa itu istilah fanfiction, drabble, ficlet, songfic, dan sebagainya, lo pasti ngertilah kalo di ‘dunia kita’ ini ada semacam hukum ga tertulis bahwa ketika lo ngebaca sebuah cerita, maka lo wajib ngelike dan komenin itu tulisan, entah di facebook ataupun blog. Jujur yah, gue termasuk anak baru dalam hal suka K-pop2 an (akhir 2010) dan pas itu gue adalah siders sejati dari banyak tulisan yg udah ga keitung jumlahnya. Waktu itu gue mikir, toh walopun gue ga komen, si writernya juga pasti tetep akan lanjut nulis juga. Lagian, udah banyak kok reader lain yg rajin komenin dia. Dia ga akan ngeh kalo ada reader kaya gue ini.

Tapiiii….setelah selang beberapa waktu, gue jadi tau seberapa pentingnya eksistensi dan apresiasi reader buat writer. Fyi, susah bgt loh bikin tulisan yg bakal disukain reader itu. Beneran deh. Dan ketika sebuah tulisan berhasil dibuat dan dia dapet apresiasi dari readernya, wuihhhhh penderitaan waktu mikir kalimat demi kalimat dan adegan demi adegan itu bakalan ilang dalam sekejap! dan mungkin ini akan terdengar lebay, tapi secara pribadi hari gue akan tercerahkan ketika  melihat komen-komen bertebaran di tulisan gue 😀

Yah, mungkin ada banyak orang di luar sana yg masih berpikir kalo jadi silent reader, secret admirer, atau apa pun lah lo nyebutnya, itu sesuatu yg sah-sah aja buat dilakuin dan selama ga ngerugiin siapapun, itu bakalan tetep dia lakuin. Tapi sekali lagi, coba deh lo memposisikan diri sebagai seorang penulis dan renungin baik-baik tulisan gue ini. Serius, gue bukan bermaksud menggurui atau apa, karena ini emang pure curhatan gue dari hati ketika melihat fenomena site stat tinggi tapi komen krisis kaya air di Afrika yg ada di blog gue. Well, kalo itu emang karena tulisan gue jelek, bilang aja kali. Kan jadinya gue bisa berusaha bikin tulisan yg bagus, biar akhirnya bisa nerbitin buku juga kaya idola-idola gue yg gue sebutin di atas tadi *amiiiiin*

So, maaf ya buat siapa pun juga yg mungkin tersinggung atau rada gimana sama curhatan gue ini. Sekali lagi, gue cuma kepengin berbagi rasa aja. No hard feeling ya, guys 🙂 *sambil berharap besok ga liat site stat nyungsep dengan drastis kaya orang lagi terjun payung*

Lastly, teteup…jangan takut atau bosen datang kemari buat menikmati hasil penggeseran otak gue :pp I wish you a good day everyday, my dear readers 😀

Best regards,

ME—the amateur but still annoying writer ^^

Curhat Gue

13 pemikiran pada “Curhat Gue

  1. it was never really a huge problem for me in wordpress. sure it hurts, to see all the comments (in days, i can count how many of them with ONLY one hand #miris), but in wp i just keep writing and wishing at same time: semoga karya gw berkesan banget sampe pembaca merasa “pokoknya gw pen komen!” Tapi yah..

    apalagi akhir2 ini tulisanku makin aneh, wuih, reader WP pada gini kali: (O_o). Hahaha.

    Tapi sungguh deh, di wp masih mending, ada site stats yg bisa bikin kita tau seberapa banyak pengunjung wp kita. It started as HUUUUGE HIT on the head waktu gw mulai nulis di LJ. Wah, dude, udahlah di situ buat posting aja ribeud, komen juga susah, gada keterangan statistiknya lagi! beneran gw sering banget down di LJ.

    But teteup sih, yg namanya good readers ya good. Gw sampe heran sama mereka yg komen di SETIAP chart ff longshots gw yg udah tamat. I will be just as happy as pulgoso getting it’s bone kalo mereka komen di last chapter, but they really blow me up by commenting in every chapter.

    Eh, kok gw malah ikut curhat ya? kan niatnya mampir di mari mo baca 5SongsChallenge.. ihikikikikk.. mian dah ah.. Etapi berarti kita satu angkatan yah, seneng2an ama K-Popnya.. akhir 2010. HUahaha, tos duluu!

    Yuk ah, mo baca yg lain dulu. Sambil berdoa semoga pada sliders tersentuh hatinya buat kita para pengemis komen inih… (resiko ga dibayar pake duit. gada duit, komen pun jadilah). HUihihihii..

  2. unnieeeee >///<
    lama tak melihatmu melanglang buana *tears*
    buset komennya panjang bgt. iya unn, ngerti lah ya gimana rasanya. secara unnie udah dari kapan taun nulis di wp.
    mungkin aku masih tampak sangat bayi sekali karena ngeluh soal beginian, tapi ya mau gimana lagi. daripada ngedumel ga jelas sendiri mending diungkapin sekalian kkk~

    eniwei, aku sebenernya suka baca FF unnie di LJ juga, dan udah nulis komen juga, tp entah knp ga bisa kekirim2. aku putus asa TT
    apa mulai sekarang komen yg di LJ aku sampein lewat twitter aja? –a

    dan soal apakah emg reader di tiap2 tempat itu punya tipenya sendiri2, mungkin iya kali ya. tipe yg emg reader sejati alias kekeuh baca doang gapake komen, tipe reader favorit writer yg suka kasih komen2 asik *ehem* atau tipe reader yg justru malah hobi ngebashing u.u

    intinya adalah, iya kita satu angkataaaaaaan yay~ *tos*

    makasih yah magnae-unnie atas sesi curhatannya kkk~
    semoga apa telah kita curahkan bisa mendapatkan secuil perhatian dari siders2 yg baik di luar sana 🙂

    dan satu lagi, jangan berenti nulis karena down atau apapun! aku akan sangat kehilangan jikalau engkau ga nulis lagi *sobs*

    FIGHTING!

  3. Hai saeng lama gak main di blogmu.. lol, ciyeee bahasanya galau banget ya?? kkk~ for silent rider,, eumm What ya?? aku juga bingung mau ngomong apa, itu problem yang udah nge publik sih, soalnya WP sekarang ribet loh kalo posting komen lewat hape, apalagi hape butut kaya saiaa U,u

    true, saya pernah coba komen pake HP, dan perlu reload 2 kali, U,u mungkin ini ya yang buat para sider itu males komen,, but aku kalo bisa, selalu komen, karena ngerasain juga sihh dapet sideran, hahha /aku ngomong opo to iki/

    anyway ikut komen ini nyampah disini ^^ hehhehe

    1. halo unnie!
      wah, lama ga dikomenin juga nih sama unnie :pp
      hmmm. kalo dipikir2 bener juga sih apa kata unnie. kayanya aku emang ga mikirin kemungkinan itu pas nulis ini saking geregetannya hehe.
      cuman sekarang aku mikirnya kalo mereka mau komen pasti bakal usaha kok gimanapun caranya. jadi kalo emang masih ada SR ya berarti emang mereka ga mau komen dan ya udah. aku toh juga ga bisa maksa terus2an haha.
      ih komen unnie ga nyampah tau. kan ceritanya berbagi rasa sesama penulis yg suka dapet SRan hahahaha.
      FIGHTING unnie! 😀

      1. Hahha ^^ Thankyouuuu~~ Tapi kalo aku yaa, udah gak mau ambil pusing soal SR 🙂 wkwkkwkwk

        Toh mau diapain lagi kita juga gak tau yaah si SR itu nyadar gak kalo kita koar-koar disini hhahha, jadi aku selama ini cuma cuek, toh aku nulis juga buat kesenenganku sendiri, bukan buat mereka.. so sabarrr sayangg ^^ FIGHTING TOO!!

Tinggalkan Balasan

