Untukku Yang Enambelas Tahun

Untukku yang enambelas tahun,

Halo. Ini aku—dirimu yang duapuluh tahun.

Tidak usah bingung, aku hanya ingin menyapamu dan bilang selamat padamu. Kau akhirnya jadi anak SMA, Gadis Kecil! Aku tahu kau gembira—kau tersenyum lebih banyak hari itu, ketika kau diterima, dibanding hari-hari biasanya. Tapi kurasa kau agak terlena pada tahun pertama.

Maksudku, kau jatuh cinta terlalu banyak, kan? Waktu itu kau sangat menikmati betapa pesona kesanguinisanmu bisa mendekatkan banyak orang padamu. Kau dicintai banyak orang, tapi juga melukai sama banyaknya pada saat yang bersamaan. Well, aku harap kau cepat belajar. Karena kesepian itu rasanya sangat tidak enak. Apalagi kesepian dalam penyesalan. Kau akan sangat membencinya kelak.

Kau berteman dengan banyak tipe manusia untuk ukuran anak seusiamu. Kau mengenal si baik hati, si penyayang, si gampang menangis, si curhat tentang segalanya, si pendiam, si pendengar yang baik, si muka dua, bahkan sampai si pengkhianat. Tapi, di antara mereka, kau sulit menemukan si setia. Dan karena aku mengenalmu jauh lebih baik dari siapapun, kau sebenarnya benar-benar merindukan teman yang seperti itu—yang setia padamu. Asal kau tahu, kau akan menemukannya, kok. Percayalah padaku. Kau hanya perlu bersikap lebih peduli terhadap orang-orang di sekitarmu.

Hei, meski secara keseluruhan enambelas tahun berarti adalah segalanya tentang SMA, jangan lupa kau juga adalah anak sulung dari tiga bersaudara. Kau punya adik lelaki yang ganteng dan luar biasa berbakat dan adik perempuan manis yang pintarnya setengah mati. Kau harus lebih memperhatikan mereka, ya? Jangan sampai salah langkah—ingat, mereka akan selalu mengikuti setiap jejak yang kau buat. Kau tentunya ingin adik-adikmu mengingatmu sebagai kakak terkeren sedunia, kan?

Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya, bicaralah sebanyak-banyaknya kepada ayah dan ibumu tentang apa saja. Buatlah kenangan sebanyak mungkin bersama mereka. Peluklah mereka lebih sering dan buat mereka tertawa karena lelucon-lelucon konyolmu. Katakanlah hal-hal yang membuat hati mereka mengembang dan buatlah mereka selalu bangga padamu—putri pertama mereka. Kelak, kau akan tahu betapa berharganya semua itu untukmu. Tak perlu dibayangkan, tapi cukup ditunggu dan dirasakan. Nanti kau juga akan tahu sendiri apa maksudku.

Oh, dan jangan lupa tentang ini : keluarga adalah rumah. Mereka tak akan pernah meninggalkanmu, jadi kau tak perlu merasa takut dan sendirian. Kau akan selalu diterima di sana, betapapun menjengkelkannya dirimu.

Kamu yang enambelas tahun, belajarlah yang rajin dan jangan terlalu banyak bermain-main. Kalau kau sedang sedih, ingatlah kau selalu bisa bercerita pada Tuhan, dan buku harian kesayanganmu. Kau pasti bisa menangis lalu tertawa tiba-tiba jika membaca lagi buku harian itu beberapa tahun kemudian.

Di atas itu semua, aku ingin bilang terimakasih banyak padamu. Kau menikmati hidupmu dengan sangat baik, Gadis Kecil. Kerjamu bagus, dan aku akui, kau telah tumbuh menjadi salah satu gadis paling hebat yang pernah aku kenal dalam hidupku. Kau tegar, dewasa, tangguh, tapi juga manis dan bersahabat di saat yang bersamaan. Kau telah memberiku banyak sekali hal untuk diingat dan dipelajari. Kau memberiku kenangan-kenangan manis yang tak tergantikan. Kau, diriku di masa lalu, telah berusaha dengan keras untuk membantuku menjadi diriku yang sekarang.

Jadi, terimakasih. Dan maaf karena mungkin aku telah mengacaukan sedikit usahamu di masa lalu. Tetaplah menjadi orang yang mudah dicintai, tapi jangan terlalu sering mencintai. Melangkahlah dengan yakin menuju impianmu, dan tetaplah menulis—itu obat paling mujarab untuk mengobati stresmu!

Sampai jumpa di tempatku!

Dengan sejuta cinta dan banyak pelukan,

Dirimu yang duapuluh tahun.

Iklan
Untukku Yang Enambelas Tahun

6 pemikiran pada “Untukku Yang Enambelas Tahun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s